Yoast SEO Premium

Yoast SEO Premium vs Yoast SEO Versi Gratis: 6 Perbedaannya

TeknoEdukasi – Yoast SEO menjadi plugin SEO paling populer di kalangan praktisi SEO WordPress. Plugin versi gratis ini tercatat sudah didownload lebih dari 202 juta kali, dengan lebih dari 12 juta pemakai aktif. Lalu bagaimana dengan Yoast Seo Premium? Apa bedanya dengan Yoast SEO versi gratis di repositori WordPress?

Versi premium dari plugin Yoast SEO dibanderol seharga $89, termasuk layanan update dan support. Ini harga yang cukup mencolok untuk kalangan blogger atau pengelola website kecil. Karena itulah banyak pertanyaan bedanya plugin versi premium ini dengan versi gratisnya. Apakah layak dibeli mahal?

Di bawah ini kami akan mengupas apa saja yang membedakan antara plugin Yoast SEO versi gratis dengan versi berbayar. Kalau kamu belum tahu cara menambahkan plugin ke WordPress, silakan baca 2 Cara Menginstal Plugin WordPress.

Yoast SEO vs Yoast SEO Premium

1. Support versi Yoast SEO Premium

Perbedaan pertama sudah tentu soal support. Pemakai plugin Yoast SEO versi gratis tetap bisa melaporkan masalah di repositori WordPress. Tapi pengguna plugin Yoast SEO akan mendapat kanal dukungan pelanggan tersendiri dan menjadi prioritas.

2. Redirect manager

Perbedaan pertama, plugin Yoast SEO Premium dilengkapi dengan fitur redirect manager, sementara versi gratis tidak ada.

Apa fungsinya fitur redirect ini?

Ada kalanya pengelola website mesti menghapus atau memindah halaman dan artikel yang pernah dipublikasi, atau mengganti URL karena keperluan tertentu. Ini kelihatannya sederhana, tinggal dihapus. Tapi dalam dunia SEO masalahnya tidak segampang itu.

URL lama yang dihapus atau dipindahkan masih akan meninggalkan jejak. Apalagi jika sudah terindeks mesin pencari. Pada URL lama yang objeknya sudah dihapus atau dipindah akan muncul halaman error 404.

Mesin pencari tidak menyukai halaman error 404. Website dengan banyak URL error 404 kredibilitasnya akan turun dalam penilaian mesin pencari.

Untuk menyiasatinya, url tersebut harus diarahkan (redirect) ke halaman atau objek lain yang masih berhubungan. Ini bukan pekerjaan gampang.

Di sinilah fitur redirect manager plugin Yoast SEO Premium bekerja. Ketika pemilik website menghapus sebuah halaman atau artikel, fitur plugin Yoast SEO akan memberi pilihan untuk memarkir halaman URL yang dihapus ke objek lain (redirect it to another URL), atau mengumumkannya kepada mesin pencari sebagai halaman yang dihapus dengan kode 410.

Kode 410 ini mendeklarasikan kepada mesin pencari bahwa halaman tersebut harus dihapus. Ini bukan pilihan ideal, tapi lebih baik dari error 404.

Baca juga:

Cara Login WordPress

3. Optimasi teks

Plugin Yoast SEO terkenal dengan fitur optimisasi teksnya yang banyak membantu membentuk disiplin para pengelola website dalam mempresentasikan konten teks sesuai kaidah SEO. Bagaimana dengan plugin Yoast SEO Premium?

Ketika kamu menulis post atau page baru, bilah plugin Yoast SEO di bagian bawah atau di bilah kanan akan memberi indikator penilaian SEO pada konten yang tengah kamu kerjakan, sesuai dengan kata kunci yang diinput. Warna merah, kuning dan hijau menjadi penanda indikator. Penggunaan tiga warna ini brilian dan intuitif. Orang langsung mengerti apa maksudnya.

Pada beberapa rilisan terakhir, plugin ini menambah opsi penggunaan sinonim, atau persamaan kata kunci, serta kata kunci yang berhubungan. Para pengguna versi gratis akan “digoda” untuk membeli versi premium lewat link +Add synonyms dan + Add related keyphrase. Pada Yoast SEO Premium kedua fitur ini bisa dimanfaatkan dengan leluasa.

Apa gunanya kedua fitur tersebut?

Keyphrase synonims berguna untuk membidik persamaan kata dari keyword yang diincar. Misal kamu mengincar kata kunci yang mengandung kata “kucing”, bisa jadi banyak juga yang mencari dengan kata kunci “meong”, atau “pus”.

Sementara related keyphrase berfungsi untuk membidik keyword yang berhubungan dengan keyword utama yang diincar. Misalnya kamu mengincar keyword “gejala kucing sakit” kamu bisa menambahkan “gangguan pencernaan pada kucing” pada kolom related keyphrase.

Salah satu praktik SEO paling direkomendasi adalah membangun link internal. Setiap artikel dan halaman di dalam website saling memberi link satu sama lain. Dengan link internal mesin pencari akan lebih mudah memahami kaitan antara berbagai artikel dan halaman di dalam website.

Para pengguna plugin Yoast SEO versi gratis pasti tidak asing soal link internal, karena akan selalu diperingatkan setiap membuat posting baru. Karenanya kegiatan mengecek post lama bakal menjadi kegiatan rutin para pengguna plugin ini, dan praktisi SEO pada umumnya.

Dengan plugin Yoast SEO Premium, rutinitas membangun link internal bakal lebih mudah. Saran post yang berkaitan untuk menjalin link internal akan muncul pada bilah sebelah kanan layar

Jadi kamu tak perlu repot bolak-balik tab halaman berbeda untuk mengecek post-post lama.

5. Preview media sosial

Pada plugin Yoast SEO Premium, pengguna bisa melihat preview artikelnya jika dibagikan ke media sosial. Ini berguna untuk menyesuaikan gambar yang digunakan sebagai featured post.

Sebelum artikel tayang, kamu bisa melihat lebih dulu apakah gambarnya sudah pas atau terpotong.

6. Mengetahui orphaned content dan stale cornerstone content

Orphaned content adalah konten yang tidak mendapat link intenal dari konten lain. Ini bertentangan dengan rekomendasi link internal pada poin 3 di atas. Sementara stale cornerstone content adalah artikel cornerstone yang lebih dari enam bulan tidak diperbarui.

Nah pada plugin Yoast SEO Premium keduanya langsung terdeteksi di dashboard admin pada daftar posting.

Dengan begitu kamu bisa langsung mengklik dari halaman daftar post dan melakukan perbaikan.

Yoast SEO Premium layak dibeli mahal?

Jadi apakah $89 pertahun adalah harga yang layak untuk tambahan beberapa fitur di atas?

Pada dasarnya layak atau tidak tergantung pada skala bisnis websitemu. Misalnya website berita yang konstan membuat pembaruan dan punya staf untuk memeriksa aspek WordPress SEO, plugin Yoast SEO Premium jelas akan bikin ritme kerja makin efektif.

Sementara untuk pemilik website dengan staf terbatas dan punya cukup waktu untuk melakukan audit SEO on page, plugin Yoast SEO versi gratis sudah cukup.

Kalau menurutmu bagaimana?

Komentar, yuk