WordPress 101: Pengetahuan Dasar WordPress dalam Tanya-Jawab

Di bawah ini adalah berbagai pengetahuan dasar WordPress yang disajikan dalam format tanya jawab. Post ini akan terus diperbarui untuk merespons pertanyaan dan perkembangan baru

Apakah WordPress gratis?

Ya, WordPress gratis dan bisa dikembangkan siapa saja. Tapi untuk memakainya kamu perlu menyewa nama domain dan web hosting sendiri. Lebih jelasnya baca di panduan WordPress untuk pemula.

Apa Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org?

WordPress.com adalah situs layanan hosting blog. Sementara WordPress.org menyediakan CMS WordPress untuk membangun website. Pengguna CMS ini harus menyewa nama domain dan web hosting sendiri. Untuk bahasan lebih jauh baca perbedaan keduanya di artikel ini.

Apakah WordPress tersedia dalam bahasa Indonesia?

Ya, WordPress tersedia dalam bahasa Indonesia. Bahkan jika kamu menginstalnya dalam bahasa lain, tetap bisa diubah menjadi bahasa Indonesia dengan mudah, bahkan bagi pemula yang hanya punya pengetahuan dasar WordPress. Klik Settings>General, lalu ubah bahasa pada opsi Site Language.

Apa saya perlu mengerti coding atau pemrograman untuk menggunakan WordPress?

Tidak. Mayoritas pengguna WordPress tidak mengerti coding atau pemrograman. Karena itu WordPress dianggap CMS paling ramah pengguna. Cukup memahami pengetahuan dasar WordPress untuk membuat website.

Jenis website apa yang bisa dibuat dengan WordPress?

WordPress bisa digunakan membuat berbagai jenis website atau blog, juga forum, mailing list, situs e commerce, media sosial, kursus online, dan lain sebagainya.

Di mana saya bisa mendownload WordPress?

Anda bisa mendapatkan file instalasi WordPress melalui halaman download di situs WordPress.org, atau baca panduan mendownload WordPress.

Bagaimana cara menginstal WordPress?

WordPress bisa diinstal di server web hosting secara manual, atau lewat aplikasi penginstalan seperti Softaculous. Prosesnya hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit. Baca panduan WordPress untuk pemula buat mempelajari caranya.

Bisakah saya menginstal WordPress di komputer?

WordPress bisa diinstal di komputer dengan bantuan aplikasi seperti Desktop Server, Laragon, XAMPP, MAMP, LAMP, dan WAMP. Website yang diinstal bersifat offline, dan biasanya untuk tujuan pengembangan. Kamu bisa membaca artikel dengan tag localhost di TeknoEdukasi untuk memelajari caranya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website dengan WordPress?

1) Nama domain; 2) web hosting berkualitas; 3) panduan WordPress untuk pemula dari TeknoEdukasi 😀

Berapa biaya membuat website dengan WordPress?

Tergantung jenis website yang hendak dibuat. Sebagai gambaran keperluan merintis bisnis, biaya sewa nama domain dan web hosting yang layak akan dimulai dari sekitar Rp. 1.150.000/tahun. Website komunitas, organisasi, apalagi pribadi atau keluarga, biayanya bisa lebih murah.

Bagaimana cara mengupdate WordPress?

Mudah, bahkan bagi yang hanya punya pengetahuan dasar WordPress. Websitemu akan memberi notifikasi kalau ada rilisan versi baru WordPress. Tinggal klik notifikasinya, atau pilih menu Dashboard>Updates, lalu klik Install Now. Jika selesai akan ada pemberitahuan.

Bagaimana cara membuat website WordPress menjadi toko online?

Untuk menambahkan fungsi ecommerce agar WordPress bisa beroperasi menjadi toko online, kamu cukup menginstal plugin WooCommerse, yang akan otomatis membuat halaman toko dan keranjang belanja di website.

Jangan lupa kembali lagi ke artikel ini untuk mendapat update tentang pengetahuan dasar WordPress.

Komentar, yuk