Cara Registrasi Microsoft Office 365 Education Gratis untuk Sekolah

Microsoft Office 365 Education adalah layanan yang disediakan Microsoft untuk lembaga pendidikan secara gratis. Dengan layanan ini, lembaga pendidikan bisa membangun ekosistem pendidikan online secara menyeluruh lewat aplikasi Microsoft Teams. Untuk mengaksesnya, lembaga pendidikanmu cukup melakukan registrasi Microsoft Office 365 Education melalui situsnya.

Mengenal Microsoft Office 365 Education

Pada dasarnya Microsoft Office 365 adalah seri mutakhir dari kumpulan program Microsoft Office yang sangat populer di seluruh dunia. Sebagaimana berbagai serial Office sebelumnya, Office 365 juga menyediakan program yang sangat familiar seperti Word, Excel, PowerPoint dan lainnya.

Untuk merespons perkembangan dunia digital yang makin terkoneksi lewat jaringan internet, Office 365 mengintegrasikan layanan Office tradisional dengan ekosistem online yang memudahkan untuk melakukan kerja kolaborasi.

Untuk itu, selain membuka akses berbagai aplikasi Office secara online, Microsoft juga melengkapi layanannya dengan fasilitas penyimpanan cloud lewat aplikasi OneDrive. Dengan aplikasi ini, para pengguna tidak lagi membutuhkan perangkat penyimpanan fisik, dan bisa mengakses dokumennya di mana pun lewat jaringan internet.

Selain itu, kekuatan utama Microsoft Office 365 Education juga hadir lewat aplikasi Microsoft Teams, yang pada dasarnya merupakan aplikasi chat dan kolaborasi tim. Tapi berkat fasilitasnya yang berlimpah, aplikasi ini praktis untuk digunakan sebagai perangkat kerja tim, atau untuk menyelenggarakan aktivitas pembelajaran jarak jauh secara online.

Untuk kepentingan dunia pendidikan, Microsoft menyediakan layanan Microsoft Office 365 Education, yang bisa diakses secara gratis.

Syarat registrasi

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan mendaftarkan lembaga pendidikan pada program Microsoft Office 365 Education adalah sebagai berikut:

  • Nama domain atau alamat situs dengan ekstensi pendidikan (contoh: .edu, .ac, .ac.id, .sch.id, dan sejenisnya), dan akses ke Cpanelnya. Kalau lembaga belum punya website, kamu bisa baca panduan lengkap membuat website untuk pemula.
  • Alamat email lembaga pendidikan
  • Melakukan registrasi akun Microsoft di sini
  • Nomor seluler aktif
  • Panduan registrasi Microsoft 365 Education dari TeknoEdukasi 😀

Aktivasi Microsoft 365 Education di sekolahmu

Untuk mengaktivasi layanan dari Microsoft ini secara gratis, secara garis besar ada dua fase yang dibutuhkan. Yang pertama adalah registrasi data sekolah, yang kedua adalah pengaturan domain sekolah agar terhubung dengan Microsoft 365 Education.

Di bawah ini akan dibahas keduanya secara berurutan.

1. Registrasi Microsoft Office 365 Education

Berikut langkah-langkah registrasi untuk lembaga pendidikan:

Office-365-Education-Plans-1

Masuk ke laman baru, kamu akan diminta melengkapi data registrasi. Setelah selesai klik Next

form-registrasi
  • Buat user ID akun dan password-nya, yang akan menjadi global admin dalam layanan Office 365 Education di lembaga pendidikanmu, lalu klik Create my account
  • Di laman baru kamu akan diminta memasukkan nomor ponsel aktif untuk proses verifikasi lewat SMS. Selesai memasukkan nomor klik Text me
  • Setelah beberapa saat SMS berisi kode verifikasi dari Microsoft akan diterima nomor yang kamu daftarkan. Masukkan ke kolom verifikasi
  • Di laman selanjutnya akan ditunjukkan informasi akunmu. Catat atau simpan, lalu klik You’re ready to go
Ready-to-go
  • Pada halaman baru, klik I’ll verify later, lalu Yes untuk mengonfirmasi
  • Registrasi Microsoft Office 365 Education untuk lembagamu sudah selesai

Meski fase registrasi sudah selesai, masih diperlukan tahapan selanjutnya untuk melakukan deployment, atau menghubungkan layanan Microsoft Office 365 Education dengan domain situs lembaga pendidikanmu. Setelah fase selanjutnya selesai, barulah kamu bisa membangun ekosistem pembelajaran jarak jauh dengan aplikasi Microsoft Teams.

2. Langkah pengaturan domain

Di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan menghubungkan Micrososft Office 365 Education dengan domain lembaga pendidikanmu:

  • Kunjungi laman Portal Office di sini, login menggunakan username dan password yang sebelumnya kamu buat
microsoft teams
  • Setelah masuk, klik Setting, lalu Domains. Lalu pilih Add domain
  • Isi dengan nama domain lembaga pendidikanmu, lalu klik Next
  • Microsoft akan memintamu memverifikasi kepemilikan domain. Pada pilihan instruksi step-by-step, pilih General instructions, lalu klik Done, verify now
  • Kamu akan ditunjukkan parameter TXT dan MX yang mesti dimasukkan ke pengaturan domain lembaga pendidikan sebagai proses verifikasi
  • Untuk melakukan verifikasi, bukan tab baru pada browser, lalu masuk ke akun Cpanel domainmu. Pilih menu DNS management, lalu pilih opsi Add record
  • Masukkan parameter TXT atau MX (pilih salah satu) yang sebelumnya ditunjukkan oleh Microsoft, lalu klik Save
  • Kembali ke tab browser pengaturan domain di situs Microsoft sebelumnya, klik done, verify now di bagian bawah. Jika record belum terbaca, tunggu sekitar 15 menit lalu klik lagi done, verify now
  • Jika Microsoft sudah berhasil mengonfirmasi kepemilikanmu, klik Buy now di bagian bawah
  • Kamu akan ditunjukkan billing penyewaan lisensi Office 365 A1, seharga Rp0.00. Klik Buy now. Lisensi A1 for faculty berarti kamubisa menggunakan layanan Office secara online tanpa akses penginstallan di perangkatmu (bandingkan perbedaan tiga jenis lisensi Office 365)
  • Di laman baru klik Pay for full year, centang pada opsi Automatically assign to all of your users with no license, klik Add to chart

Sampai di sini kita baru selesai penyewaan lisensi A1 for faculty (pengajar dan staf lembaga), masih perlu menambahkan penyewaan lisensi untuk siswa.

  • Untuk itu pada keranjang belanja (cart), klik Continue shopping, lanjutkan dengan penyewaan Office 365 for students
  • Klik Pay for full year, centang pada opsi Automatically assign to all of your users with no license. Kali ini selesaikan dengan mengklik Check out now
  • Di laman baru, lengkapi formulir alamat lengkap sekolah lalu klik Next
  • Selanjutnya kamu diminta memilih opsi pembayaran. Pilih metode pembayaran Invoice (by bank transfer), klik opsi Pay by year. Lengkapi formulir Invoice details untuk penerima tagihan dari Microsoft
  • Klik centang pada keterangan “By checking this box…“, sebagai tanda persetujuan syarat layanan, lalu klik Place order

Dengan kemunculan tulisan You’re all set, langkah registrasi Microsoft Office 365 Education, dan upaya menghubungkannya dengan domain lembaga pendidikanmu sudah selesai.

Secara teknis kamu sudah mulai bisa memakai berbagai layanan Office 365, termasuk menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Kamu sudah bisa mendownload aplikasi Microsoft Teams dan memanfaatkannya untuk membangun ekosistem pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:

Komentar, yuk