Mengupload Materi Pengajaran di Microsoft Teams

materi-pengajaran-di-Microsoft-Teams1-696x392-1

Selesai membuat kelas online Microsoft Teams, kita perlu melakukan berbagai persiapan sebelum membuka kelas secara resmi. Salah satu langkah persiapan adalah men-gupload materi pengajaran di Microsoft Teams, yang bisa diakses dan diunduh kapan saja oleh siswa.

Untuk keperluan ini Microsoft menyediakan fasilitas penyimpanan tersendiri dalam setiap kelas online di Microsoft Teams. File yang disimpan di fasilitas ini bisa diakses semua anggota kelas online Microsoft Teams, dan bisa langsung dibuka dengan status read-only, selama formatnya bisa dibaca aplikasi. Anggota grup juga bisa mengunduh dan menyimpan file tersebut.

Selain sebagai media penyimpanan, file materi yang diupload juga bisa dibagikan ke luar kelas dalam bentuk link. Meski begitu, apakah setiap orang yang memiliki link bisa mengaksesnya atau tidak, itu tergantung pengaturan spesifik kelas tersebut.

Fitur penyimpanan ini bisa membantu para murid yang mengeluhkan kebutuhan paket data yang melonjak drastis selama masa pembelajaran online. Mereka bisa mencari akses wifi gratis untuk mengunduh dan menyimpan materi kelas, agar bisa dipelajari belakangan di rumah.

Selain itu selama kelas masih ada, file materi pengajaran akan tetap ada jika tidak dihapus. Ini akan memudahkan para siswa untuk mempelajari materi kapan pun lewat smartphone.

Kalau kamu belum tahu tentang Microsoft Teams, kamu bisa baca apa itu Microsoft dan bagaimana cara menggunakannya.

Oh iya, untuk memanfaatkan semua fasilitas tersebut, sekolahmu mesti mendaftar layanan Microsoft Office 365 secara gratis.

Mengupload Materi Pengajaran di Microsoft Teams

Untuk mulai mengupload materi pengajaran, yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke kelas yang dituju, lalu klik menu File pada bagian atas
kelas-online-Microsoft-Teams
  • Pada tampilan laman File kamu bisa mengunggah materi dengan mengklik tombol Upload. Akan muncul pilihan untuk mengunggah file atau langsung folder. Pilih yang diinginkan
kelas-online
  • Akan muncul pop up box untuk mencari lokasi file/folder yang dimaksud. Jika sudah ditemukan, klik sekali pada file/folder, dan klik tombol Open. Kamu bisa mengunggah file dengan berbagai format, baik teks, audio, gambar, video, dan lain sebaginya
  • Tunggu beberapa saat untuk proses pengunggahan. Durasinya tergantung ukuran file dan kualitas jaringan internet. Jika sudah selesai, file akan muncul di layar aplikasi Microsoft Teams
materi pengajaran di Microsoft-Teams

Demikian langkah-langkah mengupload materi pengajaran di Microsoft Teams. Kamu sudah bisa memasukkan siswa ke dalam kelas dan memberi tugas di kelas online Microsoft Teams.

Baca juga:

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.