Cara Mengubah PowerPoint ke PDF

Microsoft PowerPoint menawarkan kemudahan untuk mengubah format file PowerPoint ke berbagai jenis format lainnya. Mulai dari format video, gambar, hingga pdf, bisa dilakukan dengan gampang. Di sini kami akan menunjukkan cara mengubah PowerPoint ke pdf.

Loh memang kenapa sih harus diubah? Bukannya malah menambah pekerjaan ya?

Ada berbagai alasan kuat yang membuat orang ingin mengubah file berformat PowerPoint ke dalam bentuk pdf.

Alasan mengubah format PowerPoint ke format DF

Ada berbagai alasan yang membuat orang melakukan perubahan format file dari PowerPoint ke format pdf. Di antaranya adalah:

Memudahkan untuk dibaca lewat perangkat mobile

Ketimbang format PowerPoint (ppt) format dokumen pdf lebih mudah diakses bagi pengguna perangkat mobile. Orang yang mengakses hanya akan melihat file pdf yang sudah baku, tanpa opsi pengeditan yang tidak dibutuhkan kalau untuk sekadar keperluan membaca isinya.

Bisa dikompresi lebih kecil

Format dokumen pdf juga lebih memungkinkan kompresi agar ukuran file menjadi lebih kecil, menghemat data untuk keperluan penyebaran dokumen lewat jaringan internet.

Menjaga keaslian dokumen

Dengan mengubah PowerPoint ke pdf, dokumen jadi lebih susah disunting. Ini berguna kalau kamu berusaha memastikan dokumen presentasi yang disebarkan tetap dalam tampilan semula. Memang cara ini tidak sepenuhnya mencegah penyuntingan, tapi setidaknya ada langkah tambahan untk itu.

Cara mengubah PowerPoint ke pdf

Untuk melakukan perubahan format, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama periksa ulang file PowerPoint yang akan diubah format, untuk memastikan sudah selesai dikerjakan. Kalau sudah yakin, tekan tombol F12 di keyboard, atau klik menu File di pojok kiri atas layar, lalu klik Save As.

akses menu file untuk mengubah powerpoint ke pdf

Pilih tempat penyimpanan dengan mengklik opsi Browse.

menentukan tempat penyimpanan powerpoint

Selesai memilih lokasi penyimpanan, pada bagian Save as type ubah format penyimpanan menjadi PDF (*pdf), lalu klik Save.

memilih format pdf untuk penyimpanan

Dengan begitu file akan tersimpan dalam format pdf.

Demikian langkah-langkah mengubah PowerPoint ke pdf yang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan peralatan tambahan.

Kamu mungkin tertarik membaca panduan dan artikel lain di TeknoEdukasi di bawah ini:

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.