cara menambahkan siswa ke kelas microsoft teams

3 Cara Menambahkan Siswa ke Kelas Microsoft Teams

TeknoEdukasi – Setelah selesai membuat kelas online dan menyiapkan materi kelas di Microsoft Teams, kamu sudah bisa menambahkan siswa ke dalam kelas Microsoft Teams. Kamu bisa menambahkan sampai dengan 10.000 anggota ke dalam kelas di Microsoft Teams. Jadi sangat leluasa kapasitasnya.

Pada artikel panduan klasterisasi akun Microsoft Teams dibahas tentang pengelompokan akun-akun siswa ke dalam kategori tertentu. Langkah tersebut akan berguna dalam panduan kali ini.

Oh iya, kalau belum punya, kamu bisa download aplikasi Microsoft Teams untuk desktop

Cara menambah siswa ke kelas Microsoft Teams

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan atau mengundang siswa ke dalam kelas. Pertama, mengundangnya lewat link url kelas. Kedua, dengan mencari nama siswa. Ketiga, memasukkan klaster siswa. Di sini akan dibahas satu-persatu.

Untuk mengundang siswa lewat link url kelas, lakukan dengan langkah-langkah berikut:

Di dalam kelas, klik titik tiga di sebelah kanan nama kelas, akan muncul menu. Pilih Get link to team.

mengundang siswa lewat link url Microsoft Teams

Akan muncul pop up box berisi link url undangan bergabung ke dalam kelas. Klik tombol Copy, sebarkan kepada siswa lewat aplikasi pesan atau semacamnya.

link url Microsoft Teams

Siswa yang mengklik link tersebut secara otomatis akan berstatus mengajukan permohonan masuk ke grup. Semua permintaan masuk akan muncul di notifikasi pada menu Activity. Kamu tinggal menerima permohonan yang masuk

Baca juga:

Cara Mengganti Password Microsoft Teams

Cara ini punya beberapa kekurangan:

Pertama, kamu mesti mengonfirmasi satu-persatu semua permintaan masuk ke kelas Microsoft Teams. Makin banyak siswa, makin banyak konfirmasi yang perlu dilakukan.

Kedua, semua orang yang bisa mengakses link tersebut bisa mengajukan permohonan masuk, meski bukan bagian dari orang yang kita tuju. Kita memang bisa menolak permintaannya, tapi ini menambah pekerjaan.

Ketiga, selain dua potensi masalah di atas, kadang terjadi gangguan pada cara ini. Terjadi beberapa kasus pengguna yang mengklik link malah bergabung di kelas yang berbeda.

2. Mencari nama siswa

Di sini maksudnya nama siswa yang akan dimasukkan kita cari satu-persatu lewat form umdangan. Untuk memasukkan siswa lewat cara ini, lakukan langkah-langkah berikut:

Di dalam kelas, klik titik tiga di sebelah kanan nama kelas seperti di cara sebelumnya, akan muncul menu. Pilih Add member

Akan muncul pop up box. Pastikan kamu sedang memilih Student. Ketik nama siswa yang dimaksud, lalu klik namanya saat sistem sudah mendeteksi. Kamu bisa mengetikkan banyak nama secara bergantian, klik tombol Add saat selesai, pop up box bisa ditutup

kelas online di Microsoft Teams

Dengan cara ini, nama yang ditambahkan sudah otomatis masuk tanpa perlu dikonfirmasi. Potensi masuknya anggota yang tidak diinginkan pun bisa diminimalisasi.

Tapi kelemahannya, kamu mesti mengetikkan nama siswa satu-persatu. Makan waktu dan melelahkan. Selain itu jika ada nama siswa yang persis sama, pengajar bisa bingung mengonfirmasi akun mana yang dimaksud.

3. Memasukkan klaster siswa ke kelas Microsoft Teams

Ini cara yang menurut kami paling efisien. Hanya saja untuk memungkinkan cara ini, sebelumnya kamu mesti memastikan database akun siswa sudah diklasterisasi secara menyeluruh, seperti disebut di atas.

Caranya sebagai berikut:

Untuk memasukkan siswa dengan cara ini, langkahnya hampir sama dengan cara kedua di atas. Perbedaannya, di kolom pengetikan kita bukan mengetikkan nama siswa, tapi nama klaster. Sebagi contoh di sini nama klasternya IPS 2020 A, yang berarti jurusan IPS, angkatan 2020, kelas A

Setelah mengklik Add, seluruh anggota klaster IPS 2020 A otomatis menjadi anggota kelas

menambahkan klaster siswa di Microsoft Teams

Dalam beberapa kasus, setelah menekan Add kita perlu melakukan satu klik verifikasi tambahan pada tanda centang yang muncul di sisi kanan nama klaster

klaster di microsoft Teams

Demikian beberapa cara untuk mengundang atau menambahkan siswa ke dalam kelas Microsoft Teams. Masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang pasti ketiga cara sama-sama bisa berguna dalam kondisi yang berbeda.

Ngomong-ngomong, kalau kamu kurang nyaman dengan bahasa bawaan aplikasi, kamu bisa dengan mudah mengganti bahasa di Microsoft Teams.

Komentar, yuk