kelas online microsoft teams

Cara Membuat Kelas Online Microsoft Teams

TeknoEdukasi – Membuat kelas online Microsoft Teams pada dasarnya adalah membuat grup. Tapi berbagai fasilitas di dalamnya sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai perangkat pembelajaran. Fitur grup dalam aplikasi Microsoft Teams dilengkapi dengan banyak fasilitas yang memudahkan para penggunanya untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.

Untuk memanfaatkan fasilitas dan fiturnya yang kaya, kamu mesti mendownload aplikasi Microsoft Teams terlebih dulu ke perangkat desktop. Alternatifnya adalah Microsoft Teams web yang bisa diakses dari browser, atau Microsoft Teams mobile untuk perangkat smartphone.

Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan Microsoft Teams sebagai medium kelas online. Selain beranda grup yang bisa digunakan untuk percakapan interaktif dalam format tampilan media sosial, pengguna juga bisa melakukan konferensi video menggunakan fasilitas Microsoft Teams Meeting. Konferensi video bisa menampung hingga 250 peserta secara bersamaan, dengan durasi tak terbatas.

Setiap grup juga dilengkapi semua aplikasi populer Microsoft Office 365, yang bisa langsung digunakan secara online di dalam aplikasi. Ketersediaan OneDrive, ruang penyimpanan cloud Microsoft, semakin menambah kepraktisan. Setiap orang tak perlu lagi alat penyimpanan dalam bentuk fisik.

Untuk keperluan pemberian tugas di dalam kelas online disediakan fasilitas Assignment yang memberi pilihan bentuk tugas, baik yang berbentuk kuis atau tugas bebas. Setiap tugas yang diberikan akan menyertakan menu pengumpulan tugas bagi para siswa. Pengajar bisa mengecek siapa yang sudah atau belum memberikan tugas.

Cara membuat kelas online Microsoft Teams

Untuk membuat kelas online, ini langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Login

kelas daring Ms Teams 300x118 1

Login ke aplikasi Microsoft Teams, baik untuk desktop atau aplikasi web melalui browser. Begini tampilannya saat pertama kali dibuka. Klik tombol Create a team

Kategori Class

kelas online dengan microsoft teams 768x362 1

Muncul pop up box untuk memilih jenis grup. Pilih Class

Nama kelas

Beri nama kelas. Deskripsi kelas boleh diisi atau tidak. Klik tombol Next

Opsi menambah anggota

Kamu akan diminta untuk menambahkan anggota kelas, baik siswa atau guru. Ada beberapa cara menambakan anggota ke dalam kelas. Kita bisa melakukannya belakangan. Klik Skip

Selesai

Dengan langkah-langkah di atas, infrastruktur dasar kelas online sudah jadi dengan tampilan seperti ini

Selesai langkah-langkah di atas, kamu akan masuk beranda kelas dengan tampilan yang masih kosong. Tampilan tersebut akan dipenuhi dengan berbagai aktivitas kelas, seiring semakin aktifnya kelas.

Demikian langkah-langkah membuat kelas online Microsoft Teams. Kamu bisa mulai menambahkan siswa ke kelas online Microsoft Teams. Kalau kebetulan kamu mengenal admin Microsoft Teams di sekolah, kamu bisa menyarankannya untuk melakukan klasterisasi akun Microsoft Teams sekolah untuk memudahkan manajemen kelas.

Selain itu pengajar juga bisa menyiapkan materi pembelajaran di kelas, serta memberi tugas melalui aplikasi Microsoft Teams, bahkan juga melakukan konferensi video lewat Microsoft Teams Meeting.

Tapi untuk alasan keamanan, langkah urgen yang harus kamu lakukan begitu menerima akun adalah mengganti password Microsoft Teams, dari password default menjadi password buatanmu sendiri.

Komentar, yuk