instagram reels

Tutorial Instagram Reels dan Cara Memaksimalkan Penggunaannya

TeknoEdukasi – Pada beberapa waktu lalu, Instagram telah resmi meluncurkan fitur baru yang bernama Instagram Reels. Fitur ini diperuntukkan bagi penggunanya yang berada di Indonesia setelah sebelumnya hanya bisa diakses di luar negeri.

Kemunculan fitur ini disambut antusias oleh pengguna Instagram terlebih karena bisa digunakan baik oleh pemilik Iphone maupun ponsel dengan sistem operasi Android. Simak tutorial menggunakan Instagram Reels serta tips untuk memaksimalkannya di bawah ini.

Mengenal Instagram Reels Indonesia

Setelah Instagram Reels Indonesia dirilis, Anda dapat membuat video pendek dengan durasi Reels Instagram 15 detik yang bisa dikreasikan menjadi bentuk konten yang lebih atraktif melalui fitur-fitur yang melengkapinya. Misalkan membuat video transisi, membuat video yang memuat gambar kembar dengan kostum berbeda hingga membuat video tutorial yang kini semakin marak dan diminati.

Instagram Reels diramalkan akan menjadi konten yang memiliki banyak peminat, terlebih dengan kemampuannya meraih lebih banyak jangkauan (reels) dibanding feed. Cara menikmati Instagram Reels-pun interaktif, yaitu cukup dengan swipe up atau swipe down sesuai dengan kebiasaan orang-orang dalam menggunakan handphone.

Beragam fitur untuk memaksimalkan Instagram Reels

Dalam memaksimalkan video yang Anda buat lewat Reels, jangan lupa untuk menggunakan fitur-fitur di bawah ini :

Audio

Lewat fitur ini, Anda bisa menambahkan latar belakang musik dalam Reels yang kamu kreasikan. Cukup pilih menu ini, kamu akan menemukan banyak rekomendasi musik baik dari dalam maupun luar negeri dalam berbagai genre musik.

Kecepatan

Melalui fitur ‘kecepatan’ Anda bisa memilih tempo untuk video yang dibuat. Hal ini bisa Anda sesuaikan untuk menghasilkan video yang tepat dan menarik. Sebagai contoh pada video tutorial, Anda menggunakan kecepatan tinggi agar penonton terhindar dari rasa bosan menyaksikan step by step yang mungkin tampak membosankan.

Sebaliknya, Anda bisa menggunakan kecepatan rendah atau slow motion agar video Anda tampak dramatis.

Efek

Efek adalah fitur selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan konten Anda agar lebih menarik perhatian pengguna lain. Jika bingung, Andal dapat memilih efek yang sedang banyak digunakan.

Sempurnakan riasan

Sebuah fitur yang memiliki fungsi mirip dengan filter kamera. Anda dapat menggunakannya saat menginginkan kesan tertentu.

Tata-letak video

Anda bisa memilih fitur ini untuk mendapatkan hasil konten dalam bentuk kolase.

Timer

Timer bisa Anda pilih untuk memberi hitungan mundur pada Reels yang Anda buat sebelum alat perekam Reels menyala.

Tutorial Menggunakan Instagram Reels

Sebelum mencoba berkreasi dengan Reels, pastikan Anda telah meng-update aplikasi Instagram baik lewat Play Store atau melalui Apple Store. Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Lewat halaman profil, Anda akan menemukan ikon movie clip. Klik ikon tersebut maka Anda akan disuguhi beragam Instagram Reels dari kreator lain. Cukup klik ikon ‘kamera’ yang berada di bagian kanan atas. Cara lain, masih melalui halaman profil, klik langsung tanda plus (+) yang berada di samping bar, selanjutnya pilih Reels.

Anda juga dapat membuat Reels langsung lewat beranda, dengan menekan ikon movie clip yang berada di bagian bawah. Selain itu, Anda juga bisa menemukannya seperti saat akan membuat story dengan cara memilih ‘Reels’ melalui menu instastory. Nanti Anda akan menemukan menu ‘Buat Reels’ yang terletak di antara ikon ‘Cerita’ dan ‘Langsung’

  1. Setelah klik ikon movie clip, Anda bisa merekam video yang akan Anda bagikan dengan durasi Reels Instagram 15 detik. Dalam pembuatannya, Anda bisa menambahkan musik, menggunakan efek kekinian, menerapkan filter, menambah teks atau gambar dan beragam kreasi lainnya. Dalam durasi Reels Instagram 15 detik tersebut, Anda dapat membuat beberapa video. Caranya cukup mainkan menu pause dan start.
  2. Upload Instagram Reels Anda. Selesai.

Cara memaksimalkan Instagram Reels dalam menjangkau audiens

Instagram Reels memang berpotensi memberi dampak positif pada performa akun Anda, namun dalam pembuatannya diperlukan beberapa trik memaksimalkan. Berikut di antaranya :

  1. Hindari meletakkan teks atau stiker di posisi terlalu atas atau terlalu bawah karena saat diedarkan ke feed akan terpotong sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa gagal.
  2. Maksimalkan setiap fitur yang ada seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
  3. Amati konten yang sedang diminati untuk tetap selaras dengan tren.
  4. Setelah membuat Instagram Reels, jangan lupa untuk membagikannya ke feed.
  5. Memaksimalkan penggunaan hashtag yang relevan di caption karena video Anda bisa direkomendasikan ketika user lain mengetikkan hastag tertentu.

Dalam menyajikan sebuah konten yang menarik, Instagram Reels dapat Anda maksimalkan karena memiliki ragam fitur yang mendukung. Dalam penerapannya jangan lupakan tips-tips di atas.

Komentar, yuk