cara upload podcast di spotify 1

Cara Upload Podcast di Spotify Lewat Anchor dan Soundcloud

Tiga tahun terakhir, layanan streaming musik Spotify menjadi begitu populer. Salah satu penyebabnya adalah karena Spotify tidak hanya menyediakan musik, perusahaan ini juga memberikan layanan podcast. Namun, tahukah kamu bagaimana cara upload podcast di Spotify?

Sebagai pendengar beberapa podcast terkenal di Spotify, barangkali kamu jadi ingin untuk membuat podcast sendiri. Maka dari itu, kamu harus tahu cara mengunggah podcast ke Spotify.

Syarat upload podcast ke Spotify

Sebelum mengetahui cara mengunggah podcast di Spotify, kamu harus tahu apa saja persyaratan supaya podcast-mu bisa diunggah. Ini dia syaratnya.

1.      Format File Audio

Output audio hasil rekaman harus memiliki format MP3 dengan standar ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 dan harus memiliki rate antara 96 hingga 320 Kbps.

Namun saat ini rasanya tidak lazim audio di bawah 100 Kbps. Rate terbaik adalah 128 Kbps maupun 320 Kbps.

2.      Ukuran File Audio

Kamu bisa upload file audio untuk podcast Spotify asalkan ukurannya tidak lebih dari 200 MB.

Sepanjang apapun sebuah episode dari podcast-mu yang penting ukurannya tidak melebihi 200 MB.

Baca juga:

Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang melalui Komputer dan Android

3.      Cover Podcast

Sebagai pengguna Spotify kamu pasti tahu jika podcast maupun musik pada Spotify memiliki sampul atau cover. Sebagai pemilik podcast kamu juga harus memberikan sampul pada podcast-mu.

Sampul tersebut harus berbentuk persegi dengan panjang sisi yang sama persis, lebih mudahnya perbandingan panjang dan lebar sampul tersebut adalah 1:1.

Kamu bisa membuat sampul podcast menggunakan software grafis profesional seperti Corel Draw, Adobe Illustrator maupun Photoshop atau menggunakan aplikasi grafis gratis untuk Android maupun iOS seperti Canva.

Dalam membuat desain sampul podcast pastikan bahwa jenis warna yang kamu pilih adalah RGB bukan CMYK karena warna RGB adalah jenis warna paling bagus untuk desain digital, sedangkan CMYK lebih ideal untuk desain yang dicetak.

Selain jenis warna yang sebaiknya dalam RGB, format akhir dari file desain sampul podcast tersebut harus berjenis bitmap (JPG, JPEG maupun PNG).

4.      Judul Podcast

Judul podcast yang baik terdiri dari 20 karakter. Ingat, ya, karakter, bukan kata. Jadi spasi dan tanda baca masuk dalam hitungan 20 karakter tersebut.

Selain itu, simbol-simbol khusus pada HTML harus sudah ter-encode, terutama simbol dan atau ampersand (&). Jika kamu menulisnya dalam kode HTML maka output-nya tidak akan terbaca karena Spotify akan menghapus seluruh tag HTML.

5.      Buat RSS Feed

RSS feed adalah teknologi berbasis website di mana orang-orang dapat berlangganan podcast-mu. Awalnya RSS feed ditujukan untuk blog dan website. Saat ini, Spotify memanfaatkannya untuk orang-orang yang akan membuat podcast.

Kamu perlu membuat RSS feed dulu sebelum membuat podcast menggunakan website maupun aplikasi pengunggah audio yang akan memberikan RSS feed.

Beberapa website yang akan memberikan RSS feed audio gratis adalah Soundcloud dan Anchor (aplikasi podcaster buatan Spotify).

Baca juga:

Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Lewat 6 Aplikasi Gratis

Cara Upload Podcast di Spotify

Kalau kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan di atas, saatnya upload episode pertama podcast-mu!

Buka podcasters.spotify.com

Untuk saat ini belum ada aplikasi ponsel untuk podcasters Spotify, jadi kamu harus membukanya melalui browser komputer/laptop di link ini.

6.      Login

Login dengan akun Spotify yang biasa kamu gunakan untuk mendengarkan lagu maupun podcast.

Namun, bila kamu ingin akun khusus sebagai podcasters bukan sebagai pendengar maka kamu bisa membuat akun Spotify baru. Langkahnya sama seperti saat pertama kamu membuat akun Spotify.

7.      Terms & Condition

Akan muncul terms & conditions atau syarat dan ketentuan. Klik tombol “I Accept” (sesuaikan dengan bahasa yang kamu gunakan).

8.      Mulai Membuat Podcast

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan kamu akan diarahkan ke dashboard akun Spotify for podcaster milikmu. Klik tombol “Get Started”.

9.      Tambahkan RSS Feed

Kamu akan diminta untuk memasukkan RSS feed yang telah kamu buat lewat Anchor podcast, Soundcloud maupun website/aplikasi lainnya.

Pastikan di bawah kotak di mana kamu memasukkan RSS muncul tulisan berwarna hijau yang berbunyi “Looking goods. Let’s keep going.” Lalu menuju ke step selanjutnya dengan cara klik tombol “Next”.

10.   Kode Verifikasi

Spotify akan mengirimkan kode verifikasi ke emailmu. Cek emailmu, lalu masukkan kode verifikasi yang kamu dapatkan ke dalam kotak yang tersedia pada website Spotify. Klik “Next”.

11.   Informasi Podcast

Kamu akan diminta untuk memberikan informasi negara, bahasa, kategori podcast, dan sebagainya. Atur sesuai dengan podcast-mu. Jika sudah selesai klik “Next”.

12.   Preview Informasi Podcast

Spotify akan memunculkan preview atau contoh tampilan informasi podcast supaya kamu memastikan tidak ada yang salah. Jika sudah yakin, klik tombol Submit.

13.   Selesai

Selamat, podcast-mu sudah terunggah di Spotify.

Cara upload podcast di Spotify di atas diharapkan dapat membantumu. Perlu diketahui bahwa ketika kamu upload podcast di Spotify maka kamu tidak mengunggah file audio, melainkan hanya mengunggah link RSS Feed audio yang sudah kamu unggah ke website lain seperti Soundcloud.

Komentar, yuk