Cara Menggunakan Microsoft Excel Online secara Gratis

Siapa yang tidak kenal Microsoft Excel? Aplikasi garapan Microsoft ini seperti menjadi standar aplikasi untuk berbagai kebutuhan dokumen perkantoran di seluruh dunia. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara menggunakan Microsoft Excel online secara gratis.

Sebelumnya kita akan bahas dulu apa saja yang dibutuhkan. Tenang, semua gratisan.

Apa saja yang dibutuhkan?

Beberapa hal yang dibutuhkan untuk mengakses Microsoft Excel secara online, di antaranya:

  • Koneksi internet lancar
  • Akun email aktif. Boleh apa saja
  • Waktu luang tidak sampai 10 menit
  • Panduan dari TeknoEdukasi 😀

Membuat akun gratis Microsoft Office online

Nah untuk bisa mengakses aplikasi Microsoft Excel online, kamu mesti punya akun di website Office. Kamu bisa mendaftar secara gratis.

Sebetulnya dengan akun tersebut kamu bukan cuma bisa mengakses Excel, tapi juga aplikasi Microsoft Office secara keseluruhan, dalam versi Office 365.

Langkah-langkah pendaftaran Microsoft Office agar kamu bisa mengakses Microsoft Excel online adalah sebagai berikut:

Buka website Microsoft Office, klik Sign up for the free version of Office.

mendaftar akun office 365 gratis

Seperti biasa kamu akan diminta mengisi alamat email (boleh apa saja seperti Gmail dan lainnya) dan password. Setelah selesai, kamu akan dikirimkan kode verifikasi ke email yang didaftarkan.

email verifikasi dari microsoft office online

Buka email dari Microsoft dan copy kode pada bagian yang ditutupi blok merah pada gambar di atas. Selanjutnya, paste kode tersebut di kolom verifikasi pada website Microsoft Office.

memasukkan kode verifikasi microsoft office online 1

Selesai verifikasi, Microsoft akan memastikan statusmu sebagai manusia betulan. Hehehe. Caranya simpel dan asyik seperti game. Kamu tinggal membetulkan posisi gambar menggunakan anak panah di kanan-kiri gambar. Langkah ini akan diulang lima kali.

Microsoft akan memastikan kamu betul betul manusia

Kalau sudah selesai kamu bisa langsung mengakses dashboard Microsoft Office 365 online.

Mengakses Microsoft Excel online

Langkah selanjutnya, untuk mengakses aplikasi Excel jauh lebih gampang:

akses microsoft excel online pada bilah menu sebelah kiri

Dari dashboard website Microsoft Office, akses bilah menu di sebelah kiri. Kamu bisa melihat icon berbagai aplikasi Microsoft Office, termasuk Microsoft Excel.

Kamu tinggal klik ikonnya untuk menggunakan Microsoft Excel online.

Begitu juga kalau kamu mau mengakses program Office lainnya. Tinggal sekali klik, otomatis akan terbuka halaman baru.

Berbagai aplikasi tersebut bisa kamu buka secara bersamaan. Tapi pastikan melakukannya dengan kllik kanan dan buka di tab baru, biar tidak menindih aplikasi yang sedang terbuka.

Seperti bisa kamu lihat di gambar bawah, aplikasi Microsoft Excel online tampil dengan menu yang penuh, meskipun statusnya gratis.

microsoft excel onine dengan full menu

Setiap dokumen yang diketik lewat aplikasi online ini akan tersimpan secara real time di fasilitas OneDrive yang menjadi jatah setiap pengguna.

Bagi yang belum tahu, OneDrive adalah fasilitas penyimpanan cloud dari Microsoft yang bisa digunakan semua orang. Sistemnya mirip dengan Google Drive.

Dengan penyimpanan cloud, kamu tidak perlu lagi membawa perangkat penyimpanan seperti flash disk saat berpergian. Asal punya akses ke akun Microsoft Office, semua dokumenmu bisa diambil kapan saja.

Demikianlah panduan mengakses Microsoft Office online secara gratis. Buat kamu yang sudah coba, jangan ragu bagikan pengalamannya di kolom komentar.

Kalau kamu tertarik dengan berbagai aplikasi Microsoft, kamu mungkin juga akan senang berkenalan dengan aplikasi Microsoft Teams.

Baca juga:

Komentar, yuk