Cara Mengganti Theme WordPress

Theme WordPress adalah kumpulan file yang digunakan untuk memodifikasi tampilan website WordPress. Sewaktu baru diinstal, website WordPress memakai theme default yang biasanya kurang disukai pengguna. Lalu bagaimana cara mengganti theme WordPress dengan theme yang diinginkan?

Fungsi theme bagi WordPress bisa disejajarkan dengan fungsi tema bagi tampilan layar smartphone, mengubah perwajahan tanpa mengubah fungsi dan cara kerja. Bedanya, Setiap website WordPress membutuhkan setidaknya satu theme agar bisa berfungsi.

Tersedia banyak sekali theme yang bisa dimanfaatkan oleh situs yang dibangun dengan CMS WordPress, baik yang gratis maupun premium. Pada saat artikel ini ditulis, di direktori WordPress saja tercatat ada 7.881 theme gratis yang bebas diakses semua pengguna.

Langkah mengganti theme WordPress

Untuk melakukan penggantian theme WordPress, caranya hampir sama dengan cara menginstal plugin WordPress.

Pertama masuklah ke dashboard admin WordPress. Jika belum tahu caranya, baca cara login website WordPress di sini. Setelah masuk, ikuti langkah-langkah berikut:

Klik menu Appearance>Theme di bilah menu sebelah kiri, kamu akan masuk ke halaman daftar theme yang disimpan di dalam website.

mengganti theme wordpress 2

Klik Add New pada bagian atas layar, kamu akan dibawa ke etalase repositori berisi ribuan theme WordPress yang semuanya produk gratis.

add new theme untuk mencari pilihan di repositori wordpress

Kamu bisa manfaatkan fitur filter atau kolom pencarian untuk mencari lebih jauh.

repositori-theme-wordpress

Untuk keperluan panduan ini, kami menggunakan GeneratePress yang dikenal sebagai salah satu theme WordPress paling cepat. Versi gratisnya bisa dicari dengan mengetikkan “GeneratePress” pada kolom pencarian, lalu klik Preview untuk melihat demonya. Untuk instalasi, klik Install lalu Activate setelah loading selesai.

generatepress-theme-wordpress

Kamu bisa memodifikasi tampilan dengan memillih menu Appearance> Costumize di bar menu sebelah kiri.

Akan muncul bar pada sebelah kiri untuk memodifikasi tampilan theme, dengan tampilan live preview. Kamu bisa melihat efek setiap modifikasi pada tampilan website.

menu-costumize-theme-generatepress

Sampai di sini, selesailah langkah mengganti theme WordPress. Kamu bisa berkreasi sesuka hati untuk mengutak-atik tampilannya.

Men-download theme dari repositori WordPress

Semua file theme di repositori WordPress juga bisa di-download untuk kamu simpan sendiri. Siapa tahu tertarik belajar membuat sendiri, atau dijadikan koleksi.

Untuk men-download koleksi theme yang kamu suka, kunjungi saja link halaman direktori WordPress theme di atas. Posisikan kursor di tampilan yang kamu suka, lalu klik tombol download yang muncul pada pojok kanan bawah tampilan theme. File akan segera di-download dalam format kompresi tar.gz.

Selain yang gratis, banyak juga koleksi theme premium yang ditawarkan oleh berbagai pihak. Theme premium biasanya punya keunggulan dalam hal estetika tampilan, kecepatan loading, atau dukungan dalam aspek SEO. 

Di luar faktor estetika, kecepatan, dan dukungan SEO, ada juga theme premium untuk memfasilitasi kebutuhan spesifik. Misalnya untuk fungsi learning management system (LMS) yang dipakai situs kursus atau pendidikan online. Begitu juga theme yang mendukung situs e Commerce seperti toko online. Theme premium juga ada yang dibuat untuk menjawab kebutuhan situs membership, yakni situs yang menjual keanggotaan dengan keuntungan atau fasilitas tertentu.

Belakangan berkembang juga berbagai perangkat page builder yang memungkinkan para pengguna membuat sendiri tampilan webnya tanpa perlu pemahaman coding. Meski begitu perangkat-perangkat tersebut tetap masih membutuhkan WordPress theme sebagai dasar untuk melakukan modifikasi.

Baca juga:

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.