Cara Mengganti Password Microsoft Teams dalam 5 Langkah Mudah

TeknoEdukasi – Mengganti password Microsoft Teams seharusnya menjadi hal pertama yang mesti dilakukan oleh pengguna, setelah men-download aplikasinya dan login untuk pertama kali.

Kalau kamu belum tahu tentang Microsoft Teams, kamu bisa baca apa itu Microsoft dan bagaimana cara menggunakannya.

Sebagai gambaran umum, Microsoft Teams adalah aplikasi keluaran Microsoft yang berfungsi sebagai medium kerja kolaborasi. Tapi karena fiturnya yang kaya, aplikasi ini juga cocok dijadikan medium pendidikan.

Tentang password Microsoft Teams

Password awal dari Microsoft Teams merupakan kombinasi acak berbagai karakter secara yang sulit dihafal oleh pengguna. Sebenarnya itu justru bagus untuk keamanan, meski masih terlalu pendek.

Hanya saja password awal ini dibuatkan oleh admin. Bisa jadi catatannya bersama password awal akun lain tercecer dan berpotensi membuat akunmu diretas orang.

Meski begitu sebagian pengguna pasti pernah bertanya-tanya, bagaimana cara memperbarui password akun Microsoft Teams? Sebab opsi ini memang tidak tersedia di aplikasi, baik aplikasi desktop maupun ponsel.

Jangan dilupakan bahwa aplikasi Microsoft Teams merupakan bagian dari layanan daring situs Microsoft Office 365. Berbagai pengaturan dasar akun bisa diakses lewat situs tersebut, termasuk penggantian password.

Jadi kalau kamu mau mengganti password, kamu mesti mengunjungi portal Office 365.

Mengganti password Microsoft Teams

Langkah-langkah penggantian password akan ditunjukkan lewat panduan di bawah ini:

  • Kunjungi situs Office 365 di sini, lalu login dengan akun dan password Microsoft Teams-mu. Jika masuk kali pertama di situs ini, biasanya kamu disambut pop ub box seperti ini. Klik ikon X atau centang untuk menghilangkannya.
Microsoft-Teams-1
  • Setelah pop up box tertutup, pada pojok kanan atas layar akan terlihat lingkaran dengan foto profilmu, atau inisial nama akun jika belum pernah mengunggah foto profil. Klik lingkaran tersebut dan akan terbuka menu baru. Pilih My account
microsoft-teams-teknoedukasi
  • Pada laman baru, di bar menu sebelah kiri, pilih menu Password
mengganti-password-microsoft-teams
  • Akan muncul laman baru dengan tiga kolom pengisian. Isi password lamamu dengan pada kolom pertama, lalu password baru pilihanmu pada kolom kedua dan ketiga. Jika sudah, klik submit
penggantian sandi
  • Jika password baru kamu memenuhi syarat, proses mengganti password Microsoft Teams sudah selesai. Tapi jika passwordmu dianggap kurang kuat, sistem bisa saja menolaknya dan meminta kamu memasukkan password lain yang lebih rumit

Panduan pembuatan password dari Microsoft

Jangan lupa panduan yang sudah diberikan Microsoft:

  • Password harus berjumlah 8-256 karakter
  • Jangan menggunakan nama atau istilah yang terlalu umum
  • Kombinasikan huruf kecil, huruf kapital, angka, dan simbol untuk mendapatkan password yang memenuhi syarat.

Agak ribet ya? Wajar, demi keamanan akun kamu juga.

Penutup

Demikian langkah-langkah mengganti password Microsoft Teams. Kalau kamu merasa terbantu, kami akan sangat berterima kasih kalau kamu mau tinggalkan jejak di kolom komentar.

Jangan lupa kami masih punya berbagai artikel menarik lainnya yang bisa kamu tengok di bawah.

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.