Cara Mengedit File .htaccess

mengedit-htacces

Sampai taraf tertentu, mengedit file .htaccess di hosting website kemungkinan besar akan jadi hal yang tak terhindarkan. Cepat atau lambat, setiap pengelola website atau blog self hosted akan perlu mengaksesnya

.htaccess merupakan akronim dari “hypertext access”. File ini berukuran kecil dan kelihatannya sangat sederhana. Meski begitu, file ini berisi berbagai konfigurasi dasar sebuah website. Perintah yang dituliskan di .htaccess bisa melangkahi pengaturan di dalam website.

Pendek kata, file kecil tersebut bisa saja menentukan apakah sebuah website berfungsi dengan baik atau tidak.

Mengapa Mengeditnya?

Ada banyak jawaban yang bisa diberikan untuk pertanyaan di atas. Bisa karena keperluan perbaikan, pengaturan keamanan, atau implementasi coding tertentu untuk meningkatkan performa website. Karena perannya yang sangat sentral bagi website, beberapa baris perintah di .htaccess bisa mengubah fungsi atau performa web secara signifikan.

Salah satu contohnya adalah perintah leverage browser caching yang memerintah browser pengunjung untuk menyimpan beberapa file statis di website, sampai batas watu tertentu. Dengan begitu pada kunjungan selanjutnya browser pengunjung tak perlu lagi mendownload semua file untuk membuka tampilan website secara penuh.

Peringatan: Karena fungsi pentingnya, setiap perubahan yang dilakukan pada .htacces harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Pastikan kamu memeriksa ulang perintah baru yang akan dimasukkan. 

Langkah Mengedit file .htaccess

Sebelum mengedit fil .htaccess, sebaiknya kamu mengetes kecepatan websitemu terlebih dulu. Biar tahu hasilnya sebelum dan sesudah pengeditan.

Untuk mengakses dan mengubah konfigurasi .htacces diperlukan akses ke cpanel websitemu. 

Jika perusahaan jasa hosting websitemu menyediakan, kamu bisa masuk ke cpanel lewat menu di dalam dashboard akun pelanggan. Contoh yang diberikan di sini menggunakan akun Niagahoster. Pada dasarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan jasa hosting lain. Anda juga bisa mengetikkan domainmu.com/cpanel pada browser. Ganti “domainmu.com” dengan URL website anda:

  • Login ke akun hostingmu, lalu pada menu bar di kiri pilih Layanan Anda>Hosting. Akan muncul daftar hosting aktif yang kamu kelola
mengedit .htaccess
  • Klik Kelola Hosting pada sisi kanan ruang hosting yang kamu tuju
hosting-2
  • Pada laman baru, pilih File Manager
cara mengedit .htaccess
  • Pada umumnya secara default file .htacces berstatus disembunyikan. Untuk memastikannya terlihat, klik tombol Settings pada pojok kanan atas layar, pada kotak dialog yang muncul centang Show Hidden Files (dotfiles). Kemudian klik Save
hidden
  • Cari folder bertuliskan public_html dengan ikon yang cukup khas. Klik dua kali di sisi kanannya
public_html
  • Klik kanan pada file bernama .htacces, lalu pilih Edit pada menu yang muncul
htaccess
  • File akan terbuka dalam format teks. Kamu sudah bisa mengedit file .htaccess
mengedit .htaccess
  • Jika sudah selesai, klik Save Changes pada pojok kanan atas layar
Save-Changes
  • Selesai.

Selesai mengedit file .htaccess, seharusnya kamu sudah bisa segera menguji hasilnya lewat berbagai alat pengetes kecepatan website, tergantung perintah apa yang dimasukkan.

Baca juga:

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.