cara memulai bisnis startup

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Startup? Ini 7 Tips Wajibnya

TeknoEdukasi – Bisnis startup sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1998 hingga 2000. Cara memulai bisnis startup yang kala itu merebak adalah menciptakan perusahaan dot-com. Fenomena tersebut terkenal dengan ‘bubble dot-com’.

Di masa internet mulai banyak digunakan inilah menjadi ladang bagi bisnis startup digital yang sampai saat ini masih terus berkembang. Bagaimana cara untuk memulai bisnis startup di era modern ini hingga sukses?

7 Cara memulai bisnis startup yang sukses

Apa yang dimaksud dengan startup adalah bisnis rintisan yang masih kurang dari tiga tahun. Ciri utamanya adalah banyak mengandalkan teknologi, yang membuatnya identik dengan perusahaan teknologi.

Selain itu model bisnisnya sendiri adaptasi yang menyesuaikan kebutuhan pasar. Produk yang dihasilkan adalah untuk menjawab kebutuhan dari pasar yang sebelumnya tidak ada. Contoh bisnis startup adalah perusahaan game atau aplikasi, penyedia informasi dan ada juga marketplace.

Di Indonesia sendiri, macam-macam bisnis startup seperti contoh tersebutlah yang banyak dikembangkan. Bisnis ini juga seperti usaha lainnya yang mengalami jatuh bangun. Tak sedikit startup yang akhirnya tutup sebelum mencapai usia tiga tahun.

Bagaimana cara memulai bisnis startup agar tetap sukses? Ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai berikut.

Melakukan riset

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Tidak ada perusahaan yang bisa mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat tanpa melakukan riset. Hasil riset ini nantinya akan menjadi tujuan perusahaan supaya bisa berkembang dan sukses.

Riset juga menjadi bagian untuk mengambil keputusan. Dibutuhkan bukti pendukung untuk melangkah dalam menciptakan solusi yang dibutuhkan masyarakat. Jika hanya mengandalkan opini yang tidak berdasar tentu akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis.

Bekali diri dengan wawasan teknologi

Membangun startup membutuhkan wawasan terhadap teknologi secara matang. Khususnya jika perusahaan yang dibangun adalah startup digital. Apa nama domain yang tepat, bagaimana cara membuat website bisnis, hal-hal seperti inilah yang harus dipelajari.

Nantinya setelah menguasai hal teknis terhadap teknologi, perusahaan akan mampu membangun atau menciptakan ide-ide yang orisinil. Jangan hanya copy paste dari produk kompetitor tetapi perhatikan bagaimana ide orisinil bisa menjadi solusi konsumen.

Selalu fokus pada tujuan awal

Cara memulai bisnis startup juga erat kaitannya dengan tujuan awal membangun bisnis. Tidak sedikit bisnis yang gagal karena lupa akan tujuan awalnya. Penting untuk menuliskan tujuan ini di kantor supaya bisa terus diingat oleh karyawan atau tim. Mengingat tujuan perusahaan ini akan membangun menciptakan konsistensi yang matang. Tentu saja ditambah dengan strategi baru yang bisa menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Memiliki jangka waktu setiap proyek

Jangka waktu harus ada dalam setiap bisnis apa pun. Setiap tim memiliki jangka waktu tertentu untuk menyelesaikan tugasnya. Dengan begitu evaluasi dapat dilakukan tepat waktu.

Jangka waktu cara memulai bisnis startup yang menjadi tolak ukur keberhasilan. Apakah perusahaan sudah mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Laporan setiap hari dari proyek yang dilakukan serta evaluasi akan menjadi penyemangat.

Penawaran produk harus spesifik

Layanan yang ditawarkan bisnis startup sangat luas sebenarnya. Hanya saja bagaimana penawaran produk itu dikemas akan menentukan apakah pasar akan tertarik. Begitu juga dengan investor yang akan mendanai perusahaan.

Bekerja sama dengan tim dan buatlah penawaran produk yang lebih spesifik lagi serta mudah dimengerti.

Mencari relasi

Relasi juga menjadi bagian penting dalam bisnis, namun tidak bisa sembarangan juga mencarinya. Perlu relasi yang tepat dan memiliki pemikiran sejalan untuk bisa membangun bisnis startup dengan benar sampai sukses.

Ada beberapa relasi penting yang perlu dipilih secara hati-hati seperti manajemen, kontraktor, karyawan, bankir, pengacara, dll.

Pengembangan strategi pemasaran

Strategi marketing tak kalah pentingnya dilakukan untuk mendapatkan konsumen. Perlu sekali melakukan branding dan tampil selalu menonjol dibandingkan kompetitor. Jika ide-ide orisinil telah dieksekusi dengan baik, maka tinggal bagaimana pemasarannya.

Banyak strategi pemasaran yang bisa dilakukan seperti pemberian diskon, kupon dan pengelolaan loyalitas konsumen.

Semua cara memulai bisnis startup ini bisa diterapkan satu per satu. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah tidak boleh berhenti dalam kreativitas.

Komentar, yuk