Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula

Siapa yang tidak suka gratisan? Di mana-mana penawaran gratis memang selalu menarik perhatian banyak orang. Bagaimana kalau tawarannya adalah website gratis? Nah, di sini akan dibahas cara membuat website gratis.

Sebagai catatan, sejak awal kamu harus maklum bahwa yang namanya tawaran gratis pasti penuh dengan keterbatasan. Tapi setidaknya kamu punya medium buat belajar, sebelum terjun langsung membuat website secara serius.

Ayo kita bahas satu-persatu opsi gratis yang tersedia.Manfaatkan platform blogging gratis.

Macam-macam cara membuat website gratis

1. Manfaatkan platform blogging gratis

Cara membuat website gratis yang pertama adalah dengan memanfaatkan berbagai platform blogging gratis. Ada banyak platform gratis yang bisa kamu coba. Paling populer tentunya WordPress.com untuk paket gratis, dan Blogspot.com.

Selain kedua itu ada nama cukup baru yang belakangan naik daun, yaitu Wix.com. Platform bloggig lain juga tersedia di alamat Weebly.com, Site123, Hubpages dan lainnya.

Loh itu sih cuma dapat subdomain saja, tidak bisa pake domain sendiri?

Ya seperti dibilang di atas, untuk tawaran gratis kita memang harus banyak maklumnya. Lagi pula masih ada jalan lain yang mungkin bakal lebih menarik buat kamu.

2. Manfaatkan nama domain dan web hosting gratis

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan nama domain dan web hosting gratis.

Untuk nama domain gratis, kamu bisa cari Dot.tk dan co.nr. Kamu cuma akan diminta registrasi dengan email.

Sementara untuk web hosting gratis kamu bisa mencari 000webhost, yang disediakan oleh penyedia jawa web hosting Hostinger. 000webhost memberi kapasitas penyimpanan sampai 300 mb. Cukuplah untuk website atau blog kecil.

Selain 000webhost, ada Freehosting.com dan Freehostia.com yang juga memberri tawaran web hosting gratis.

Kamu bisa mengombinasikan nama domain gratis dan web hosting gratis untuk membuat website. Tapi karena gratis, kamu harus siap dengan kapasitas penyimpanan dan bandwith yang kecil, beberapa provider juga memunculkan iklan di website yang dibangun di hosting gratis mereka. Juga jangan mengeluh kalau akses website sering terasa berat.

Namanya juga gratis.

3. Web hosting gratis untuk UKM Indonesia

Cara membuat website gratis kali ini masuk skala lebih serius. Pada cara-cara sebelumnya websitemu hampir mustahil, sampai taraf betul-betul mustahil, untuk dipakai sebagai website bisnis. Sementara cara satu ini justru ditawarkan untuk kalangan bisnis kecil

Pemberi tawaran tersebut adalah Indowebsite.co.id, yang dikhususkan untuk website kalangan penggerak usaha kecil dan menengah (UKM). Kalau masuk dalam kategori ini, kamu bisa mengajukan UKM-mu ke pihak Indowebsite.

Mereka memberikan kapasitas penyimpanan 250 mb, cukup untuk membuat web profil perusahaan yang statis. Bahkan mereka membuka kemungkinan upgrade web hosting secara gratis jika kamu punya alasan yang tepat.

Namun tawaran tersebut sebetulnya tidak untuk memanfaatkan tawaran tersebut kamu harus punya domain berbayar sendiri, tidak bisa memakai domain gratis seperti disebut di atas.

4. Bagaimana dengan cara membuat website gratis dengan tanda petik?

Yang ini mungkin tidak betul-betul masuk cara membuat website gratis. Atau kata gratisnya perlu diberi tanda petik, “gratis” begini.

Kamu mungkin tetap perlu keluar duit buat menyewa paket web hosting. Sewalah di penyedia web hosting berkualitas yang menawarkan paket paket dengan nama domain gratis.

Loh, tidak gratis dong?

Tergantung cara kamu melihatnya. Bagaimana kalau begini?

Kamu mengeluarkan modal beberapa ratus ribu Rupiah untuk menyewa web hosting plus gratis nama domain. Buat websitemu menggunakan WordPress yang banyak menyediakan dukungan gratis. Untuk panduannya kamu bisa membaca artikel membuat website untuk pemula.

Setelah itu kembangkan website atau blogmu secara serius dengan konten-konten berkualitas yang dicari banyak orang.

Dengan begitu websitemu bakal mendapat banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin terbuka peluang monetisasi website atau blogmu. Jika berhasil, potensi keuntungannya bisa jauh melebihi ongkos menyewa web hosting.

Ada banyak cara buat memonetisasi website atau blog yang ramai pengunjung. Misalnya lewat program iklan Google Adsense atau yang sejenisnya. Selain itu untuk website yang ramai, pasti akan berdatangan tawaran langsung untuk memasang iklan.

Strategi monetisasi lain yang populer adalah bisnis afiliasi. Kamu mereferensikan produk orang lain di website, dan mendapat komisi untuk setiap transaksi dari referensi tersebut. Bahkan kamu bisa ikut program afiliasi jasa web hosting yang kamu pilih.

Meski cara membuat website gratis yang satu ini perlu diberi tanda kutip, tapi peluangnya justru lebih besar. Website atau blogmu bisa dipakai untuk berbisnis secara penuh. Juga tidak perlu menampilkan iklan yang tidak kamu dapatkan komisinya, sebagaimana di layanan web hosting gratis.

Misalnya jasa web hosting di Niagahoster yang menawarkan persentase komisi afiliasi mencapai 70% dari jumlah transaksi. Satu kali transaksi saja bisa hampir menutupi biaya sewa web hosting kamu selama satu tahun.

Sisi plusnya, kualitas web hosting di Niagahoster termasuk yang terbaik di Indonesia. Kamu bisa baca ulasan ini untuk mendapatkan gambaran umumnya. Sementara websitemu beroperasi dengan lancar, potensi keuntungannya juga besar.

Penjelasan: Artikel ini memuat link afiliasi. Kami mendapat komisi dari tiap transaksi melalui link tersebut, tanpa membebanimu dengan biaya tambahan. Dalam beberapa kasus kamu bahkan bisa mendapat diskon. Setiap produk yang direkomendasi telah kami coba dengan hasil bagus.

Jika kamu memilih Niagahoster lewat link di artikel ini, masukkan kode teknoedukasi saat checkout untuk mendapat diskon 5%.

Silakan kamu pertimbangkan, mau pilih cara membuat website gratis yang penuh keterbatasan, atau cara “gratis” yang memberi banyak peluang?

Baca juga:

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.