Cara Membuat Menu di WordPress

Menu adalah fitur penting dalam perwajahan website. Kehadiran menu menunjukkan konten-konten penting, sekaligus membantu pengunjung memahami rute websitemu. Artikel kali ini akan menunjukkan cara membuat menu di WordPress.

Pengaturan menu di WordPress bisa dengan mudah dimodifikasi. Kamu bebas menentukan halaman atau artikel apa saja yang mau ditampilkan di menu.

Fungsi menu

Di atas sudah disebut bahwa menu berfungsi untuk menunjukkan konten penting di website, sekaligus membantu para pengunjung untuk memahami rute website kita.

Menu bisa dimanfaatkan untuk mengarahkan pengunjung ke rute atau halaman tertentu yang jadi konten-konten utama dari websitemu. Misalnya kamu membuat website toko online, tentu saja kamu ingin menjukkan produk-produk andalan di menu utama.

cara membuat menu di WordPress
Selain membantu pengunjung, menu di website juga dianggap penting oleh mesin pencari.

Tapi kegunaan menu bukan cuma sampai di situ. Ia juga menjadi faktor SEO yang cukup penting.

Kalau kamu sudah akrab dengan istilah link internal dalam SEO, tentu kamu tahu bahwa menu juga berfungsi sebagai link internal ke halaman lain.

Mesin pencari menganggap halaman utama adalah bagian paling penting dari website. Sebagaimana pengunjung manusia, mesin pencari akan memindai berbagai link di halaman utama dan menganggapnya sebagai referensi utama topik websitemu.

Membuat Menu di WordPress

Untuk membuat menu di websitemu, lakukan langkah-langkah berikut:

Total Time: 4 menit

Masuk ke pengaturan tampilan

Pilih Tampilan>Sesuaikan pada bilah menu di bagian kiri.mengakses opsi menu pada sidebar wordpress

Pilih opsi Menu

Pada halaman baru klik opsi Menu
pilih opsi menu pada halaman baru

Masuk ke opsi Menu Utama

Pada tampilan selanjutnya, pilih opsi Utama untuk memodifikasi pengaturan menu utama.
pilih menu utama untuk memodifikasi tampilannya

Modifikasi menu sesuai keinginan

Nah di sini kamu sudah masuk bagian utama membuat menu di WordPress. Namai menu biar mudah dikenali kalau nanti mau diatur ulang. Klik tanda X kalau kamu mau menghilangkan menu yang saat ini muncul, klik Tambahkan Item untuk menambah menu baru.
pengaturan menu utama di WordPress cara membuat menu di wordpress

Manfaatkan fitur drag and drop menu WordPress

Pengaturan menu WordPress bersifat drag and drop. Kamu dengan mudah menggeser posisi dan urutan menu dengan menggeser dan meletakkan masing-masing opsi.
menu drag and drop wordpress

Manfaatkan fleksibilitas pengaturan menu WordPress

Kamu juga bisa menambah alamat URL, laman, pos, kategori, dan tag spesifik, yang ada di websitemu. Kamu bahkan bisa menautkan link eksternal dari website lain kalau dirasa perlu.
memodifikasi menu wordpress 1

Terbitkan menu baru

Kalau sudah selesai dengan semua pengaturan menu, klik Terbitkan. Dengan begitu pengaturan menu sudah selesai. Kamu bisa mengecek hasilnya di halaman depan.
selesai membuat menu di wordpress klik terbitkan

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.