Cara Download WordPress dari Situs Resmi

Cara-download-wordpress

Kata kunci “download WordPress” adalah salah satu istilah terkait WordPress yang paling sering diinput di mesin pencari. Dalam konteks ini kemungkinan besar yang dimaksud dalam pencarian tersebut adalah halaman download content management system (CMS) WordPress di situs WordPress.org. 

Istilah “WordPress” sendiri mencakup pengertian, 1) WordPress sebagai platform hosting blog di WordPress.com, dan 2) WordPress sebagai CMS untuk membangun website. Kamu bisa membaca Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org untuk memahami lebih dalam perbedaan keduanya.

Bisa diduga bahwa pencarian kata kunci di atas tidak hanya dilakukan oleh para pemula, tapi juga para pengguna CMS WordPress yang berpengalaman.

Loh kok bisa pengguna WordPress berpengalaman tidak tahu alamat halaman download CMS WordPress?

Tepatnya mungkin bukan tidak tahu, tapi lebih karena alasan kepraktisan. Menghafalkan alamat URL halaman download WordPress tidak bernilai praktis. Ketimbang menghafal dan mengetik alamat url halaman tersebut, lebih mudah dan lebih cepat mengetik kata kuncinya di mesin pencari, lalu klik hasilnya. 

File CMS WordPress akan di-download dalam format kompresi tar.gz. Kompresi tar.gz adalah format standar file WordPress, baik cms, theme, atau plugin. Untuk penginstalan kamu tidak perlu mengekstraknya.

Men-download CMS WordPress

Untuk menuju halaman download, kunjungi salah satu alamat berikut:

Bahasa tampilan bawaan ini bisa saja diubah dengan mudah jika cms sudah selesai diinstal dan situs sudah mengudara.

Instalasi CMS WordPress dikenal karena kepraktisannya. Selain langkah-langkahnya mudah dipahami semua kalangan, prosesnya juga berlangsung sangat cepat. Kalau kamu sudah memiliki domain dan hosting, hanya dibutuhkan waktu tidak sampai 10 menit untuk membuat sebuah website mengudara dan bisa diakses siapa pun.

Selain diinstal langsung di hosting agar website bisa segera online, CMS WordPress juga bisa diinstal di localhost. Instalasi localhost adalah istilah untuk menyebut penginstalan situs di hardisk komputer secara offline. Di localhost website akan muncul dalam tampilan normal sebagaimana ketika online, hanya saja belum bisa diakses lewat jaringan internet.

Untuk menginstal WordPress di localhost, kamu bisa memanfaatkan aplikasi DesktopServer, Laragon, dan beberapa aplikasi lain.

Penginstalan localhost ini biasanya dilakukan dalam tahap perencanaan website. Perencanaan ini baik dari segi tampilan, maupun pemenuhan konten awal. Dengan begitu, pada detik pertama mengudara website sudah siap menjadi tempat mampir yang nyaman bagi semua pengunjung. 

Barangkali kamu tertarik mencoba instalasi localhost, kunjungi halaman WordPress download dan mulai berkreasi sesuka hati. Selesai menginstalnya, kamu bisa pelajari cara login WordPress di sini.

Baca juga:

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.