Benarkah WordPress adalah CMS Terbaik?

Ada banyak platform atau CMS (content management system) yang bisa dipakai untuk membuat website, dan yang paling banyak dipakai saat ini adalah WordPress. Bisakah disimpulkan bahwa WordPress adalah CMS terbaik?

Kalau dikatakan WordPress merupakan CMS terpopuler, ini faktual. Ada banyak data yang membuktikan. Tapi terpopuler belum tentu sama dengan terbaik. Setiap CMS dan platform website punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sementara setiap pengguna punya kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang ingin membuat website atau blog, ada juga yang kebelet ingin punya toko online. Begitu juga dengan kebutuhan lain seperti situs database, situs keanggotaan, situs media online, dan lain sebagainya. 

Idealnya kelebihan dan kekurangan platform atau CMS website yang dipilih bisa saling menutupi dengan kebutuhan dan kemampuan spesifik penggunanya. CMS apa pun secara subjektif bisa jadi yang terbaik, jika lebih mampu memenuhi kebutuhan spesifikmu ketimbang CMS lain. 

Keunggulan WordPress

Untuk mengetahui apakah WordPress adalah cms terbaik untukmu, kenali dulu beberapa keunggulan WordPress. Dari situ akan lebih mudah mengevaluasi kecocokan pilihan:

1. Gratis

WordPress adalah CMS gratis dan bersifat open source. Itu artinya pengguna mendapatkan seluruh fitur yang dimiliki CMS WordPress tanpa perlu mengeluarkan duit barang sepeser. Selain itu, karena bersifat open source ia bisa dimodifikasi oleh semua orang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Untuk membuat website dengan WordPress, kamu hanya perlu membayar biaya sewa domain dan hosting di penyedia jasa mana pun yang bebas kamu pilih.

2. Mudah digunakan

Kemudahan merupakan salah satu aspek legendaris dari WordPress. Sejak awal peluncurannya WordPress memang diorientasikan pada keramahan bagi semua kalangan, bahkan untuk kalangan pemula. Tidak butuh bantuan ahli untuk membuat website dengan WordPress.

Belum lagi menghitung dukungan berbagai plugin yang memungkinkan untuk melakukan penyuntingan tampilan secara visual (WYSIWYG) atau visual editor. Dengan penyuntingan visual, pengguna tak perlu mengerti penulisan kode html untuk memodifikasi tampilan website.

3. Terbuka untuk monetisasi

Selain faktor kemudahan, kemungkinan monetisasi ini mungkin menjadi faktor kedua yang paling menarik bagi para pengguna. Dengan WordPress, pengguna bisa menempuh berbagai jalan monetisasi website yang tersedia. Mulai dari Adsense, iklan banner, link trading, afiliasi, review, pokoknya semua jenis monetisasi website yang legal, bisa dilakukan dengan WordPress.

WordPress memang bukan satu-satunya CMS atau platform website yang terbuka dengan opsi monetisasi. Tapi karena faktor kemudahan dan luasnya ketersediaan plugin terkait, ditambah dukungan search engine optimization (SEO), melakukan monetisasi website WordPress menjadi rutinitas yang terasa lebih mudah bagi semua kalangan.

4. Integrasi SEO

Banyak pihak percaya bahwa secara default WordPress adalah salah satu CMS terbaik dalam hal SEO. Kepercayaan ini sepertinya bukan tanpa alasan kalau melihat jumlah penggunanya yang dominan ketimbang CMS lain. Belum lagi ketersediaan dukungan plugin untuk memperkuat aspek SEO website.

5. Dukungan komunitas

WordPress adalah CMS dengan dukungan komunitas yang paling besar. Forum WordPress menjadi database dan pusat dokumentasi luar biasa bagi pengguna yang mencari solusi bagi semua permasalah terkait WordPress.

Di ruang repositori plugin dan theme WordPress pun mayoritas pertanyaan dan keluhan pengguna direspons dengan baik oleh masing-masing pengelola.

Selain itu di internet bertebaran berbagai panduan WordPress yang disediakan berbagai pihak, termasuk di situs ini. 

6. Kustomisasi

Sejalan dengan prinsip open source, WordPress bebas dimodifikasi semua pihak untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Media terkenal The New Yorker merupakan salah satu contoh penggunaan WordPress yang dikustomisasi demikian rupa untuk memenuhi kebutuhan spesifik.

Hal yang sama juga bisa dilakukan para pengguna pemula lewat kehadiran berbagai plugin yang berlimpah.

Demikianlah beberapa sisi kelebihan yang bisa menjadi alasan kuat memilih WordPress. Setiap orang tentu saja punya preferensi masing-masing. Meski begitu WordPress adalah salah satu CMS yang layak dinominasikan untuk menjawab kebutuhanmu.

Baca juga:

Tinggalkan jejak

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.